Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.
Mau kenal Lebih Jauh dengan Saya? Yuk Add my Facebook..^_^
Selasa

Pengertian Motivasi dan Sumber Bukunya

1.      Dalam kamus Administrasi, Drs. The Liang Gie cs, yang dikutif oleh Drs. M. Manullahng dan Drs. Marihot Manullang, M.M., M.Sc (2004:165) : memberikan perumusan akan motivating atau pendorong kegiatan sebagai berikut : “Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam memberikan inspirasi, semangat dan  dorongan kepada orang  lain, dalam hal ini karyawannya untuk mengambil tindakan-tindakan. Pemberian dorongan ini bertujuan untuk menggiatkan orang-orang atau karyawan agar mereka bersemangat dan dapat mencapai hasil sebagaimana dikehendaki orang-orang tersebut”.
2.      Greenberg dan Baron (Djatmiko, 2008:67) motivasi adalah suatu proses yang mendorong, mengarahkan dan memelihara perilaku manusia ke arah pencapaian tujuan.
3.      Miftah Thoha (2001:181) dalam bukunya Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi, mengartikan motivasi sebagai dorongan yang menyebabkan mengapa seseorang itu berusaha mencapai tujuan-tujuan, baik sadar atau tidak sadar. Dorongan itu pula yang menyebabkan seseorang itu berprilaku, yang dapat mengendalikan dan memelihara kegiatan-kegiatan, dan yang menetapkan arah umum.


SUMBER :

Manullang, M. dan Marihot Manullang. 2004. Manajemen Personalia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Djatmiko, Yayat Hayati. 2008. Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Miftah. 2001. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : Rajawali Pers.

1 komentar:

Label