Mau kenal Lebih Jauh dengan Saya? Yuk Add my Facebook..^_^
Sabtu

Mengapa Sebuah Kisah Bisa Mengubah Hidup


Tahukah Anda dengan paradok katak? Ketika katak dimasukkan ke dalam sebuah panci terbuka yang diisi air, dan secara perlahan airnya dipanaskan, maka sang katak tidak akan pernah melompat keluar dari dalam panci. Perlahan-lahan si katak akan terebus air yang mendidih. Akan tetapi jika air di dalam panci telah mendidih dan katak dimasukkan ke dalamnya, maka katak akan langsung melompat keluar. Dia tidak akan menjadi katak rebus.
Familiar dengan perilaku katak? Begitu jugalah perilaku kita. Ketika sebuah bahaya pelan-pelan datangnya dalam hidup kita, maka biasanya kita tidak menyadarinya. Kita biarkan diri kita untuk semakin jauh memasuki bahaya sampai kita sulit diselamatkan. Namun jika ada sebuah bahaya yang datang tiba-tiba, maka kita menjadi jauh lebih waspada dan bersiap mengatasinya. Bahaya rokok adalah contoh terbaik. Kita tahu bahwa merokok berbahaya. Tapi karena efeknya sedikit demi sedikit, maka kita terus menerus membiarkan paru-paru kita semakin hancur tanpa kita sadari. Kita selalu berkilah bahwa kita masih sehat. Tahu-tahu, paru-paru sudah rusak dan kita harus mengucapkan selamat tinggal pada dunia.
Dalam kehidupan, kita sering tidak menyadari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan sampai kesalahan-kesalahan itu telah sedemikian berbahaya. Kita terus menerus memperlakukan pasangan kita dengan tidak benar, sampai kita tersadar ketika pasangan kita pergi meninggalkan kita. Kita terus menerus berbuat tidak adil pada orang-orang sekitar kita, sampai kita menjadi sendirian tanpa teman yang mau memberikan pertolongan saat kita membutuhkannya. Kita terus menerus mengabaikan perhatian orang-orang terdekat kita, sampai kita telah kehilangan mereka. Kitalah sang katak. Terkadang, kita butuh air mendidih yang harus disiramkan agar kita terkejut dan membuat perubahan mendadak.
Pada dasarnya kehidupan tidak pernah berjalan lurus. Perkembangan dan kemajuan tidak pernah seperti perjalanan kereta api yang melaju kencang ke depan dengan kecepatan tetap. Kemajuan lebih seperti perjalanan naik bus kota, yang bisa tiba-tiba mendadak berhenti, mendadak melaju ke depan sehingga kita terhempas di kursi, melesat lalu pelan dan berhenti, kemudian tiba-tiba gas ditarik kembali dan langsung melesat cepat. Kecepatannya selalu berubah-ubah.
Kapan saatnya kita tiba-tiba melesat? Itulah saat ketika sebuah inspirasi datang, dan kemudian mengubah hidup kita. Dengan inspirasi itu, kita bisa dengan cepat mengubah berbagai hal yang memperkaya kehidupan kita. Di sinilah kisah-kisah yang menginspirasi mengambil peranan dalam kehidupan manusia. Kisah-kisah itu melecut kemajuan kehidupan kita: seperti ketika seorang penjahat yang insaf total setelah membaca berita derita seorang anak yang berjuang melawan kemiskinan, seperti ketika seorang pemimpin yang hanya tahu memeras bawahan tiba-tiba menjadi sangat peduli dengan karyawannya setelah menonton film tentang perbudakan, seperti saat seorang anak memutuskan untuk meminta maaf pada ibunya karena telah membencinya usai menyaksikan seorang ibu yang dimarahi oleh anaknya, dan seterusnya, dan seterusnya.
Kisah-kisah inspirasi berfungsi seperti air panas yang menyiram tubuh kita. Alhasil karena tersengat panas, kita akan terkejut dan melompat. Siraman-siraman air panas itulah yang sesungguhnya telah memberi makna buat kehidupan kita. Itu kenapa kita akan belajar jauh lebih banyak dari kegagalan-kegagalan yang kita alami, karena kegagalan adalah air panas untuk hidup kita. Kita menjadi terkejut dengan kegagalan karena kita tak siap dengan itu. Lantas kita pun terlecut ke depan. Mereka-mereka yang berhasil adalah mereka-mereka yang pernah gagal, tapi mereka tidak menyerah. Mereka yang selalu sukses biasanya tidak akan pernah benar-benar sesukses mereka yang pernah gagal. Maklum, mereka yang selalu sukses tidak pernah tersiram air panas yang membuat mereka membuat lompatan-lompatan besar dalam hidup mereka. Faktanya, semua orang yang sukses pasti pernah tersiram air panas dalam hidupnya.
Air panas dalam kehidupan kita sangat beragam. Bagi sebagian orang air panas itu adalah kegagalan, dipecat, bangkrut, terlilit utang, rugi besar dan semacamnya. Bagi yang lain air panas itu ditinggalkan pasangan, dibenci tetangga, tidak ada yang menolong ketika membutuhkan, anak kecelakaan, anak cacat, yang terkasih meninggal, diri mengalami kelumpuhan, dan sebagainya, termasuk mengetahui kisah-kisah orang lain yang tersiram air panas itu. Semuanya adalah kisah-kisah yang bisa menginspirasi kehidupan dan melecut kekayaan kehidupan kita semua.

0 komentar: